Monday, March 21, 2016

Cara Paling Asyik Mengamati Perkembangan Balita

perkembangan balita
Ibu dan Balita

Perkembangan balita harus benar-benar diperhatikan, bukan? Hal ini dikarenakan balita merupakan masa di mana si kecil mulai belajar hal-hal baru. Apalagi ketika usianya menginjak 3 tahun. Pada saat itulah otak balita bekerja lebih optimal sehingga ada banyak hal baru yang akan ia pelajari.


Terlepas dari itu, ibu juga bisa melakukan hal menarik sembari menjaga serta mengamati perkembangan balita. Hal menarik tersebut membuat ibu tidak merasa menjalankan tugas yang berat sebagai orang tua yang perannya sangat penting untuk tumbuh kembang balita. Jika ibu selama ini merasa repot dan capek sekali untuk mengawai tumbuh kembang anak, hal tersebut tidak akan ibu rasakan jika ibu melakukan hal asyik berikut ini.

Mengabadikan Momen Perkembangan Balita
Salah satu hal menyenangkan yang bisa ibu lakukan sambil mengamati perkembangan balita adalah mengabadikan momen istimewa perkembangan si kecil. Ibu bisa membuat dokumentasi mulai saat si kecil masih berusia beberapa bulan hingga usianya menginjak balita.

Kegiatan ini akan membuat ibu tahu bagaimana perkembangan si kecil dari tahun ke tahun. Ibu bisa mengamati perubahan fisiknya dengan cara mengambil gambar di setiap momen perkembangan balita. Foto hasil jebretan ibu bisa kumpulkan ke dalam album khusus sang buah hati. Menarik, bukan?

Dengan melakukan kegiatan ini, ibu tidak akan merasa berat untuk menjalankan peran sebagai orang tua yang membesarkan sang buah hati. Justru ibu akan merasa sedang memiliki sebuah karya, yaitu foto perkembangan anak.

Membuat Video
Selain mengumpulkan foto mulai si kecil masih bayi hingga balita, ibu juga bisa membuat vidoe. Ini lebih menarik pastinya. Ibu bisa mengabadikan momen perkembangan balita ibu seperti contoh ketika ia mulai belajar jalan, belajar bicara, atau belajar bersosialisasi dengan orang lain.
Tentu rekaman video ini akan sangat berkesan jika ibu tunjukkan kepada anak ibu ketika dewasa nanti. Jadi, pastikan ibu menggunakan kamera dengan resolusi tinggi agar kualitas gambar bagus. Suatu saat ini, ibu bisa putarkan video tersebut agar anak ibu bisa melihat seperti apa masa balitanya dulu.

Dengan membuat koleksi foto atau membuat video perkembangan balita, ibu juga bisa share hasilnya tersebut kepada suami, saudara, atau orang tua ibu yang tidak tinggal bersama ibu. Mungkin mereka tidak bisa bercengkerama dengan si kecil. Tapi, setidaknya foto dan juga video tersebut bisa mengobati rasa kangen mereka dengan balita ibu.

Selain itu, foto juga bisa ibu gunakan untuk lomba juga. Ada juga acara lombat foto balita lho. Jadi, pada suatu saat nanti jika ada lomba foto balita, ibu bisa mengirimkan koleksi foto balita ibu.

Mengamati perkembangan balita bukanlah hal yang membosankan dan melelahkan jika ibu tahu bagaimana caranya. Dua cara tersebut di atas bisa ibu pratekkan. Anggap saja ibu sedang membuat sebuah projek membuat kumpulan foto dan video unik tumbuh kembang balita.

Akan tetapi, ibu juga tidak boleh lengah ya. Perkembangan anak itu sangat dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan dan minuman yang ibu berikan setiap hari. Oleh sebab itu, ibu juga perlu perhatikan menu makanan yang ibu berikan setiap hari. Agar tumbuh kembangnya optimal, pastikan kekebalan tubuh si kecil kuat agar tidak mudah sakit ya. Berikan semua makanan bergizi tinggi untuk perkembangan balita.

No comments:

Post a Comment