Friday, March 18, 2016

Ide Kreatif untuk Memaksimalkan Perkembangan Balita

perkembangan balita
Ibu dan Balita

Perkembangan balita bisa berkembang cepat dan bisa juga lambat. Hal tersebut dipengaruhi setidaknya dua hal, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa nutrisi dan faktor eksternal berupa stimulus dari luar atau pengaruh lingkungan.


Terlepas dari kedua faktor tersebut, ibu harus tahu bahwa peran ibu dalam perkembangan balita itu sangat penting. Ibu bisa lihat balita mana yang lebih aktif, apakah balita yang sering diajark bermain oleh orang tuanya atau justru sering ditinggal orang tuanya. Tentu saja balita yang sering diajak bermain orang tuanya, bukan?

Untuk itu, ibu perlu memikirkan kegiatan apa yang bisa mempercepat serta mengoptimalkan tumbuh kembang balita. Berikut beberapa ide kegiatan yang bisa ibu terapkan.

Berenang
Untuk perkembangan balita usia 1 tahun, bermain air sangat cocok untuk dilakukan. Ibu bisa mengajak si kecil untuk berenang di tempat renang khusus balita 1 tahun. Pasti sangat menyenangkan.

Akan tetapi, ibu juga harus tahu kegiatan berenang ini bisa memperkuat tulang si kecil lho. Bahkan, jika ibu ingin perkembangan fisiknya bagus dan si kecil tumbuh tinggi, tidak salah jika ibu jadikan berenang sebagai kegiatan favorit.

Akan tetapi, ibu jangan terlalu sering mengajak si kecil berenang ya. Apalagi pada saat musim hujan seperti saat ini. Cuaca yang dingin saat musim hujan tidak baik bagi kesehatan si kecil. Selain itu, biasanya si kecil akan merasa capai setelah berenang. Jadi, usahakan ibu memijat kaki si kecil setelah ibu mengajaknya berenang ya.

Melukis Jari Tangan
Kegiatan asyik lainnya yang bisa ibu lakukan bersama sang buah hati adalah melukis jari tangan. Kegiatan ini baik sekali bagi perkembangan balita khususnya otaknya. Pasalnya, dengan melukis jari tangan, setidaknya si kecil akan mulai berimajinasi, mengenal warna, dan juga sekaligus belajar seni. Jadi, banyak sekali manfaat melakukan kegiatan yang satu ini.

Akan tetapi, jika ibu ingin melakukan kegiatan ini, pastikan ibu memilih cat yang mudah dihapus ya. Jika tidak ingin tembok rumah kotor dengan lukisan jari si kecil, ibu bisa memasang papan tertentu khusus untuk kegiatan melukis jari tangan.

Membuat Bangunan dari Pasir
Kapan si kecil sudah bisa diajar berlibur seperti di pantai misalnya? Jika si kecil sudah bisa jalan, akan sangat menyenangkan jika ibu ajak untuk berlibur ke pantai. Selain agar si kecil menemukan suasana baru, si kecil juga bisa bermain pasir.

Ajaklah balita ibu untuk membangun atau membuat karya dari pasir. Bawa peralatan yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya seperti berbahan atom. Dengan kegiatan ini, perkembangan balita akan lebih optimal karena si kecil akan berimajinasi dan aktif. Bahkan, akan lebih baik jika ibu simpan uang untuk mengajak balita ibu untuk berlibur dan bermain pasir daripada uang tersebut ibu belikan gadget untuk si kecil.

Tentu saja masih banyak lagi permainan atau kegiatan kreatif yang bisa mengoptimalkan perkembangan balita. Yang pasti, ibu tidak boleh asal-asalan ketika mengajak si kecil untuk bermain ya. Usahakan permainan yang ibu berikan mengajak si kecil untuk aktif bergerak. Dalam hal ini, gadget jelas tidak terlalu direkomendasikan.

Ajak si kecil untuk bergerak di mana perkembangan fisik akan lebih optimal sekaligus mengasah kemampuan otaknya. Bukankah itu tujuan utama dari semua kegiatan yang ibu lakukan untuk perkembangan balita?


No comments:

Post a Comment