Thursday, April 14, 2016

Si Kecil Sering Menangis Tanpa Sebab. Apakah Ada yang Salah dengan Perkembangan Balita?

perkembangan balita
Ibu & Balita

Perkembangan balita bisa ditunjukkan dari berbagai hal. Ada yang kasat mata seperti pertumbuhan fisik. Ada juga yang tak kasat mata yaitu yang berhubungan dengan kecerdasan. Namun, yang jelas sebagai orang tua, ibu pasti tahu bagaimana peningkatan pekembangan sang buah hati.


Karena perhatian itulah yang membuat ibu juga sensitif terhadap hal-hal kecil yang dialami oleh si kecil. Sering kali hal-hal kecil tersebut membuat ibu berpikir apakah hal tersebut bisa mempengaruhi tumbuh kembang balita atau tidak. Seperti contoh kebiasaan balita menangis tanpa sebab. Tidak aneh jika si kecil menangis karena jatuh saat mulai belajar jalan. Akan tetapi, bagaimana jika ia menangis tanpa sebab?

Kenapa Balita Menangis?
Walaupun ibu tahu kelihatannya tidak ada kecelakan yang membuat balita menangis, ibu tetap saja bertanya-tanya kenapa si kecil menangis. Ini merupakan pertanyaan yang wajah sebagai bentuk perhatian ibu kepada balita.

Ada beberapa hal yang membuat balita nangis dan kelihatannya tanpa ada alasan. Ada kemunginan si kecil ingin berkomunikasi atau mengatakan sesuatu kepada ibu namun tidak bisa. Ibu tidak memberi respon terhadap ocehan yang balita ibu lakukan sehingga ia kesal dan akhirnya menangis.

Hal ini bisa saja terjadi saat perkembangan anak mencapai usia 1 tahun lebih. Pasalnya, pada usia tersebut, si kecil sudah mengenal banyak hal. Ia sudah bisa membedakan mana makanan yang ia sukai dan mana makanan yang tidak ia sukai. Pada saat itulah ia sudah pintar memilih. Ia akan selalu meminta ibu untuk mengambilkan apa saja yang ia inginkan.  Namun, karena ia belum bisa berbicara, ia hanya mengeluarkan ocehan. Jika tidak ibu tanggapi, ia akan marah dan menangis.

Mungkin ibu akan mengatakan bahwa si kecil menangis tanpa sebab. Akan tetapi, setelah ibu tahu penyebabnya seperti tersebut di atas, apakah ibu masih menganggap balita ibu sering menangis tanpa sebab?

Selain itu, balita menangis itu juga bisa disebabkan karena ia tidak bisa menggunakan mainan. Ibu pasti sering melihat balita ibu bermain mainan namun tidak semestinya. Akan tetapi, jika perkembangan balita sudah matang, ia akan mampu membedakan jenis permainan dan bagaimana memainkannya.

Namun, pada prosesnya, kadang kala balita merasa kecewa karena tidak bisa menggunakan atau memainkan permainan tersebut. Hal tersebut bisa disebabkan karena kekuatan fisinya yang belum mumpuni. Lalu, karena ibu tidak memperhatikan, ibu mengiri si kecil menangis tanpa sebab .

Menangis Karena Gangguan Makhluk Halus
Satu hal ini yang harus ibu ketahui. Terkadang, balita menangis karena diganggu oleh makhluk halus. Saat balita bermain dengan riang gembira, tiba-tiba ia menangis sangat keras sekali.

Untuk yang satu ini, ibu harus benar-benar waspada. Banyak sekali balita yang diganggu makhluk halus akhirnya tidak mau beraktivitas dan susah makan. Jelas akibatnya berimbas pada tumbuh kembang balita.

Oleh sebab itu, saat balita ibu menangis keras terutama di malam hari, ibu bisa bertanya kepada ahli agama yang tahu tentang makhluk halus. Ibu bisa tanyakan apakah balita ibu sering menangis dikarenakan gangguan makhluk halus atau tidak.


Sebagai orang tua, ibu harus banyak tahu seputar perkembangan anak. Selain mengerti menu makanan apa saja yang mengandung nutrisi yang baik bagi balita, ibu juga harus tahu hal-hal lain yang secara tidak langsung terkait dengan perkembangan balita.

No comments:

Post a Comment