Friday, February 5, 2016

Permainan Sederhana untuk Menunjang Perkembangan Balita Usia 2 Tahun



perkembangan balita
Ibu dan Balita

Perkembangan balita harus benar-benar diperhatikan. Memberikan jenis permainan yang kurang tepat bisa membuat tumbuh kembangnya tidak optimal.

Bagi ibu yang memiliki balita usia 2 tahun, ibu harus memperhatikan jenis permainan apa yang cocok untuk usianya. Dalam hal ini, ada beberapa permainan yang bagus untuk tumbuh kembang otak sang buah hati.
Harus dipahami bahwa perkembangan otak balita itu tidak sama. Kebanyakan otak kiri lebih berkembang daripada otak kanan. Padahal, perkembangan kedua otak itu sangat penting. Untuk itu, permainan berikut ini bisa menjadi pilihan ibu jika menginginkan agar otak kanan dan otak kiri balita sama-sama berkembang.
Menyusun Balok
Permainan yang satu ini tidak susah untuk ditemui. Silakan ibu jalan-jalan di beberapa baby shop dan ibu akan menemukan permainan berupa menyusun balok ini.
Permainan yang ini sangat cocok untuk perkembangan balita usia 2 tahun. Pasalnya, permainan ini tidak sulit untuk anak usia 2 tahun. Lebih dari itu, permainan menyusun balok ternyata bisa mengoptimalkan perkembangan otak kanan dan otak kiri. Melalui permainan ini, balita ibu akan melakukan analisa sederhana dengan cara menyusun balok dengan ukuran yang sama.
Permainan Lempar Tangkap
Jika dibandingkan dengan permainan sebelumnya, permainan lempar tangkap ini sedikit lebih sulit. Balita diajarkan lebih gesit karena ia harus menangkap benda yang ibu lempar ke arahnya.
Namun, permainan ini patut untuk dicoba agar perkembangan balita ibu lebih optimal. Ada banyak sekali benda yang bisa ibu gunakan seperti bola plastik. Bola plastik dengan ukuran yang sedikit lebih besar akan mempermudah si kecil untuk menangkap bola tersebut. Selain itu, karena terbuat dari plastik, bola tersebut tidak akan menyakiti si kecil.
Jika balita ibu sudah mulai memiliki respon yang lebih cepat untuk menangkap benda bergerak, ibu bisa mengganti bola plastik yang ukurannya besar dengan bola baseball. Tentu balita ibu akan mengalami sedikit kesulitan karena ukurannya yang lebih kecil dan putarannya yang lebih cepat.
Yang jelas, balita ibu akan sangat senang sekali dengan permainan lempar tangkap. Dan yang pasti, permainan ini akan menstimulus perkembangan balita, khususnya perkembangan otak kanan dan otak kiri.
Akan tetapi, ibu harus tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak sang buah hati. Berilah susu pertumbuhan yang terbaik yang kaya akan nutrisi seperti AA dan DHA, Omega 3, dan kandungan lain untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil.
Sebenarnya, memberikan susu pertumbuhan terbaik saja sudah cukup karena susu tersebut sudah mencukup semua nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati.
Kemudian, permainan seperti menyusun balok serta permainan lempar tangkap merupakan stimulus agar perkembangan balita lebih cepat. Yang jelas, tanpa mencukupi nutrisi yang baik untuk si kecil, mustahil balita ibu bisa berkembang dengan baik, khususnya perkembangan otak kanan dan otak kiri.
Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Tak terkecuali ibu juga, bukan? Memaskimalkan kecerdasaan otak mulai kecil menjadi cara yang sangat tepat agar anak siap untuk menyongsong masa depan yang lebih cemerlang.
Dalam hal ini, peran ibu jelas sangat dibutuhkan. Selain memastikan asupan gizinya baik untuk tumbuh kembang balita, kehadiran ibu untuk menunjang perkembangannya sangat dibutuhkan. Untuk itu, ibu harus pro aktif memilihkan permainan atau games yang tepat untuk perkembangan balita.

No comments:

Post a Comment