Friday, February 19, 2016

Menyenangkan Sekaligus Mengkhawatirkan Melihat Perkembangan Balita Usia 2 Tahun


perkembangan balita
Ibu dan Balita
Perkembangan balita bisa membuat ibu bahagia tapi juga khawatir. Apalagi jika usia balita sudah menginjak 2 tahun, banyak sekali perkembangan yang akan ibu temukan pada diri sang buah hati. Itulah yang membuat ibu senang tapi juga membuat ibu khawatir.
Pada usia 2 tahun, banyak sekali perkembangan yang terlihat. Semakin banyak tingkah polah si kecil yang terkadang membuat ibu cemas. Apa saja itu?
Berlari
Ketika balita usianya sudah 2 tahun, kebanyakan mereka sudah tidak lagi belajar jalan. Proses belajar berjalan sudah terlewati. Mereka sudah mulai berlari. Apakah balita ibu juga sering berlari?
Di satu sisi, perkembangan balita semacam ini sangat menyenangkan. Ibu pasti sangat bangga melihat si kecil sudah bisa tegap berdiri, lancar berjalan, dan mulai berani berlari. Hanya saja, ibu juga merasa khawatir jika ia jatuh dan ia terluka.
Untuk itu, pada saat perkembangan balita 2 tahun, ibu tidak boleh lengah untuk memperhatikan si kecil. Kemanapun ia bermain, ibu harus mengawasinya. Kalaupun ia suka berlari, ibu tidak perlu mencegahnya. Yang ibu harus lakukan adalah mengawasinya saja. Pastikan ia berada di jangkauan ibu sehingga jika ada hal buruk yang mungkin terjadi seperti terjatuh dan lain sebagainya, ibu bisa melakukan antisipasi.
Menirukan Perkataan Orang Lain
Jangan kaget jika si kecil mulai sering menirukan kata ibu atau orang lain. Karena pada usia 2 tahun, balita sudah mulai belajar bicara dan kata yang diucapakan sudah sedikit lebih jelas. Ini tentu perkembangan balita yang membuat ibu senang dan bangga, bukan?
Namun apa jadinya jika ternyata si kecil sering mendengarkan kata-kata yang baik untuk diucapkan? Itulah yang perlu ibu khawatirkan. Makanya, ibu harus benar-benar menjaga lingkungan keluarga sebaik mungkin. Jangan sampai ibu sering cekcok dengan suami sehingga mengeluarkan kata-kata yang tidak baik didengar si kecil. Khawatirnya, ia mendengar dan akhirnya menirukan kata-kata tersebut.
Perhatikan juga lingkungan sekitar tempat tinggal ibu. Tentu saja ibu akan sering membiarkan si kecil bermain dengan balita lainnya. Hanya saja, pastikan ibu memilih balita yang memberikan pengaruh baik. Pasalnya, banyak sekali balita yang karena pola asuh yang kurang tepat membuat perkembangan balita tersebut terganggu. Mereka bisa kasar karena mereka sering mendengar kata-kata kasar dari orang tua mereka. Jadi, perhatikan dengan siapa si kecil bermain setiap hari ya.
Dan yang tak kalah penting, jangan biarkan si kecil terlalu sering menonton TV di mana program tersebut secara tidak langsung mengajarkan kata-kata yang kurang baik. Akan lebih baik jika ibu berlangganan TV khusus balita agar ia mendapatkan tontonan yang mendidik.
Rasa Ingin Tahu yang Sangat Tinggi
Salah satu ciri perkembangan balita 2 tahun adalah rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Balita ibu akan mulai mencari benda-benda baru di sekitar rumah. Hanya saja, jangan samapai ia bermain dengan benda-benda yang berbahaya.
Mengenal benda-benda baru yang ada di sekitar rumah tentu saja sangat baik. Ia akan lebih banyak mendapatkan pengalaman. Namun, ibu perlu memperhatikan jangan sampai ia memilih barang yang berbahaya seperti pisau, gunting, dan benda-benda tajam lainnya.
Berbicara tentang perkembangan balita memang sangat mengasyikkan. Namun, terkadang, melihat tumbuh kembang balita juga sering membuat orang tua khawatir. Untuk menghindari hal-hal buruk terjadi, maka ibu perlu memperhatikan betul apa yang si kecil lakukan tanpa harus menghambat perkembangan balita.

No comments:

Post a Comment