Monday, May 23, 2016

Aneh Namun Inilah Perkembangan Balita Usia 2 Tahun

Perkembangan balita terkadang menggelikan. Ibu sebagai orang tua tak jarang dibuat tertawa karena tingkah polah sang buah hati saat ia sudah mulai berkembang. Namun itulah anak kecil. Ia memiliki naluri untuk berkembang agar seperti orang dewasa.

Saat usia balita 2 tahun, ada hal aneh yang akan terjadi kepada sang buah hati. Hal aneh tersebut merupakan bagian dari perkembangan balita. Mungkin hal aneh tersebut membuat ibu bahagia, jengkel, dan juga khawatir. Namun, itulah tahap perkembangan yang dilalui oleh si kecil.

Hal ini berikut ini perlu untuk ibu ketahui agar ibu tidak kaget jika balita melakukan hal tersebut. Jadi, ibu bisa melakukan antisipasi jika hal buruk mungkin terjadi.

Yang jelas, semua tentang tumbuh kembang balita itu menakjubkan. Namun, ibu memiliki peran agar perkembangan si kecil bergerak ke arah yang positif.

Si Kecil Mengamuk
Jika ibu memiliki balita yang usianya sudah mencapai 2 tahun, sudah pasti ibu akan sering melihatnya mengamuk. Saat ia tidak mendapatkan apa yang diinginkan, spontan ia akan mengamuk.

Mengamuk merupakan respon yang biasa dilakukan oleh balita. Jangan khawatir jika hal tersebut akan membuatnya sedih. Para ahli perkembangan balita mengatakan bahwa mengamuk merupakan bentuk komunikasi balita kepada orang tua atau orang dewasa lainnya karena ia belum bisa mengucapkan kalimat untuk mengungkapkan kekesalannya tersebut.

Tak jarang saat balita mengamuk ia akan melempar benda apa saja yang ada di sekitar. Tak Terkecuali benda yang berharga dan benda yang bisa melukai dirinya sendiri. Hal inilah yang patut untuk diwaspadai. Jangan sampai justru si kecil melukai dirinya sendiri.

Menirukan Suara
Salah satu perkembangan balita yang paling signifikan saat usianya mencapai 2 tahun adalah perkembangan kognitifnya. Itulah mengapa orang tua diharapkan tahu bagaimana cara mendidik anak yang tepat. Ada baiknya juga setiap orang tua mengikuti program parenting, yaitu program yang meliputi cara mendidik anak dan juga cara melihat potensi atau bakat yang ada di dalam diri anak mereka.

Salah satu bukti bahwa sisi kongnitif anak berkembang adalah manakala ia bisa menirukan suara. Mungkin suara orang dewasa atau bahkan suara yang lain seperti hewan. Pada saat inilah ibu harus bangga. Ada hal-hal lucu yang akan dilakukan oleh sang buah hati seperti menirukan suara ayam, menirukan iklan TV, mencoba menirukan penyanyi yang sedang menyanyi, dan lain sebagainya.

Namun, ada satu hal yang harus diwaspadai. Jangan sampai si kecil justru mendengarkan perkataan kasar. Tumbuh kembang balita harus ke arah yang positif, bukan?

Berdandan
Jika balita ibu perempuan, mungkin ia akan lebih sering bercermin, berdandan menirukan ibu. Hal ini sangatlah alami.

Saat ia sudah mengerti beberapa kegunaan sebuah benda, balita ibu akan menggunakan benda tersebut seperti yang ia lihat.

Perkembangan balita yang paling menakjubkan adalah kemampuannya untuk menirukan apa yang ia dengar dan apa yang ia lihat. Saat si kecil sering melihat ibu berdandan, maka ibu pasti akan tertawa saat si kecil menirukan ibu berdandan.

Karena kemampuan menirunya yang sangat hebat, jangan sampai si kecil melihat tontonan yang tidak baik ya. Hindarkan si kecil dari program TV yang memuat adegan kekerasan. Jangan anggap sepele ya. Walaupun usianya baru 2 tahun, balita ibu merupakan peniru yang handal.


Dari penjelasan tersebut itulah ibu pasti bahagia jika melihat si kecil bisa melakukan beberapa tingkah polah si kecil yang menunjukkan perkembangan balita.

No comments:

Post a Comment