Tuesday, May 17, 2016

3 Hal Istimewa Mengenai Tumbuh Kembang Balita Perempuan

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita perempuan itu sangat berbeda dengan laki-laki. Bagi ibu yang memiliki balita perempuan, ibu pasti sangat bangga dengan sang buah hati karena ada keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki oleh balita laki-laki.

Apa saja keistimewaan tersebut?

Tiga Keistimewaan Balita Perempuan
Jika dahulu kebanyakan orang tua lebih bangga memiliki anak laki-laki, maka sekarang tidak ada hal yang harus menjadikan anak laki-laki lebih membanggakan daripada balita perempuan. Setelah ibu tahu keistimewaan tumbuh kembang balita perempuan, maka ibu akan tahu bawasannya salah besar jika membeda-bedakan antara anak laki-laki dengan anak perempuan.

Ternyata, anak perempuan itu lebih pintar meniru. Khususnya ketika usia sang buah hati mencapai 3 tahun, ibu harus benar-benar hati-hati. Jangan biarkan si kecil mendengarkan bahasa yang kurang sopan dan kasar. Jangan pula si kecil melihat hal-hal yang buruk karena ia sangat pandai menirukan apa yang ia dengar dan juga apa yang ia rasakan.

Saat tumbuh kembang balita mencapai 3 tahun, entah anak laki-laki atau anak perempuan akan berkembang sangat pesat. Hanya saja, jika dibandingkan dengan anak laki-laki, anak perempuan lebih cepat berkembang karena ia lebih cepat dalam meniru orang dewasa.

Yang kedua, perkembangan balita perempuan sangat istimewa karena ia memiliki tangan yang lebih terampil. Maka ibu tidak perlu kaget jika kelihatannya anak perempuan lebih lincah, lebih berani, dan lebih terampil jika dibandingkan dengan balita laki-laki. Memang hal tersebut menjadi keistimewaan balita perempuan.

Dan satu lagi yang akan membuat ibu bangga, bawasannya balita perempuan lebih cepat dewasa. Jadi, ibu akan lebih mudah untuk mengajari hal-hal yang berhubungan sosial kepada balita perempuan daripada balita laki-laki.

Dalam ilmu psikologi, anak perempuan juga ternyata lebih cepat mengerti lawan jenis. Rasa cinta atau istilahnya masa puber itu lebih dahulu daripada anak laki-laki. Dari sinilah mengapa ibu sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan tumbuh kembang balita perempuan.

Pola Asuh Balita Perempuan
Sebenarnya tidak ada yang perlu dibeda-bedakan antara pola asuh balita laki-laki atau perempuan. Hanya saja, karena terdapat perbedaan tumbuh kembang balita, maka ibu harus sedikit lebih waspada jika memiliki balita perempuan.

Mungkin ia akan lebih cepat berbicara. Ia lebih cerewet dan usil. Namun, ibu tidak perlu khawatir. Semakin ia dewasa maka ia akan semakin tahu kapan harus bicara dan kapan harus diam.

Yang perlu ibu lakukan hanyalah melatih sosialisasi dengan orang lain. Ini sangat penting untuk tumbuh kembang balita khususnya perempuan. Saat ia sudah sedikit lebih dewasa, ajarkan pula bagaimana berinteraksi dengan orang lain terutama lawan jenis.

Karena banyak sekali kasus pelecehan seksual terhadap balita perempuan, ada baiknya juga ibu mengajarkan bagaimana cara bertingkah laku saat bertemu dengan orang yang belum dikenal. Kenalkan kepada si kecil bagian tubuh mana saja yang tidak boleh dipegang oleh siapapun kecuali orang tuanya. Ini menjadi sangat penting untuk menghindari pelecehan seksual ketika ibu tidak berada di samping si kecil.


Jadi, apakah anak laki-laki lebih membanggakan daripada balita perempuan? Jika dilihat dari tumbuh kembang balita tersebut, tentu kurang tepat jika harus membeda-bedakan antara balita laki-laki dengan balita perempuan. Namun, tidak berarti juga balita perempuan itu lebih membanggakan ya. Yang pasti, karena keistimewaan tersebut di atas, ibu perlu sangat memperhatikan tumbuh kembang balita.

No comments:

Post a Comment