Monday, May 30, 2016

Bikin Jus Melon untuk Perkembangan Balita Terutama Otak


Suka membuatkan jus buah untuk sang buah hati? Ibu yang bijak akan membiasakan si kecil untuk makan buah dengan cara langsung maupun dibuat menjadi jus. Cara penyajian yang berbeda membuat anak tidak bosan.

Buah memang sangat bagus untuk balita. Kandungan serat dan juga vitamin membuat kesehatan balita selalu terjaga. Namun, tahukan ibu bawasannya buah melon itu sangat mempengaruhi perkembangan balita terutama perkembangan otaknya?

Bagaimana Buah Melon Mempengaruhi Perkembangan Otak Balita
Pada awalnya, kebanyakan orang tua memberikan jus buah kepada balita agar membuat tubuhnya segar. Apalagi jika jus buah tersebut diberikan pada siang hari dengan sinar matahari yang terik. Tentu saja balita merasa haus dan akan sangat senang minum jus buah yang segar.

Sekarang, ibu bisa memilih jus melon untuk diberikan kepada sang buah hati. Jus ini akan meningkatkan kemampuannya dalam belajar.

Ibu pasti melihat betapa balita ibu semakin aktif. Itu artinya ia sedang dalam proses eksplorasi dan belajar hal-hal yang baru. Dengan keaktifian inilah balita ibu akan berkembang dan semakin cerdas.

Karena ia sangat aktif, kira-kira apa yang sangat diperlukan oleh sang buah hati? Tenaga dan kekuatan otot. Tanpa dua hal tersebut, mustahil balita ibu bisa aktif dan terus berkembang. Nah, jus buah melon ini sebenarnya berperan dalam memperkuat otot. Jadi, secara tidak langsung, jus buah melon akan menunjang keaktifan balita dan akan memperlancar proses belajarnya.

Jadi, buah ini tidak langsung membuat balita cerdas seperti halnya ikan laut dengan kandungan omega 3 nya yang sangat tinggi yang memang berfungsi untuk mencerdaskan otak. Namun, jus buah melon akan memperkuat otot sehingga ia aktif dan bisa belajar optimal.

Jadi, semakin lebih bersemangat untuk memberikan jus buah melon? Setidaknya ibu bisa jadikan jus buah melon sebagai minum alternatif yang sangat baik.

Manfaat yang Tak Kalah Penting dari Jus Buah Melon
Ternyata, tidak hanya menunjang proses belajar saja, jus buah melon juga memberikan manfaat-manfaat yang lainnya. Seperti contoh, kandungan di dalam buah melon yang akan menutrisi kulit dan juga rambut si kecil. Selain itu, cairan dalam tubuh yang hilang karena beraktivitas juga akan diganti oleh cairan dari buah melon ini.

Bagi balita yang sering mengalami masalah pencernaan seperti konstipasi, sangat tepat jika ibu memberikan jus buah melon. Pasalnya, jus ini bisa menjadi obat untuk masalah pencernaan tersebut. Kandungan serat di dalam jus melon ini cukup tinggi sehingga bisa memperlancar pencernaan sang buah hati.

Akan tetapi, ibu harus hati-hati memiliki buah melon ya. Pastikan buah melon yang ibu pilih tidak mengandung pestisida. Sekarang, ada beberapa petani yang curang karena menanam melon dengan menggunakan pestisida. Akan lebih baik jika ibu membeli buah melon di tempat di mana sudah dipastikan buah tersebut tidak mengandung pestisida.

Selain itu, ibu sebaiknya tidak menembahkan gula saat membuat jus buah melon. Kalaupun ibu menambahkan gula, pastikan gula tersebut hanya sedikit. Melon sudah terasa manis. Dan ibu tidak perlu menambahkan gula. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi pun kurang baik untuk balita. Ia beresiko tinggi mengalami obesitas atau kegemukan.

Itulah informasi yang penting untuk ibu ketahui. Sekarang, ibu sudah tahu betapa pentingnya jus buah melon untuk tumbuh kembang balita.



No comments:

Post a Comment