Thursday, June 9, 2016

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tumbuh Kembang Balita Baik

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh baik. Ada yang mulai balita dimasukkan ke kursus tertentu. Tapi apakah cara tersebut tepat?

Banyak orang yang berbeda pendapat tentang bagaimana mengasuh dan mendidik anak. Ibu juga pasti memiliki cara tersendiri untuk membesarkan anak. Yang pasti, cara yang ibu terapkan tidak membuat tumbuh kembang balita terganggu, terutama perkembangan psikisnya.

Setidaknya ibu tidak boleh melakukan hal berikut ini jika ingin balita ibu tumbuh baik. Apalagi jika ibu ingin sekali balita ibu tumbuh menjadi anak yang bisa mengenal potensinya dan bisa mengasah bakatnya, maka hal berikut ini haram untuk ibu lakukan.

Membuat Banyak Aturan
Sebagai orang tua, wajar sekali jika ibu khawatir dengan si kecil. Akan tetapi kekhawatiran tersebut tidak harus membuat ibu membuat terlalu banyak aturan.

Ibu tahu apa yang terjadi jika ibu membuat terlalu banyak aturan? Balita ibu akan merasa terkekang. Jika hal ini terjadi, ia akan merasa dibatasi sehingga bukan tidak mungkin potensi dirinya tidak terasah.

Tidak masalah jika ibu sudah menemukan bakatnya. Untuk melindungi agar balita ibu fokus untuk mengasah bakatnya tersebut, pantas jika ibu membuat aturan tertentu.

Sayangnya, kebanyakan orang tua tidak membuat perataran karena alasan tersebut. Umumnya mereka membuat peraturan yang ketat dengan maksud melindungi si kecil dari hal buruk yang ternyata justru membuatnya terkekang dan akhirnya tidak bisa memaksimalkan potensi di dalam dirinya.

Memarahi Jika Nakal atau Berbuat Salah
Untuk anak yang masih balita, memarahi bukan hal yang baik, khususnya untuk perkembangan psikis balita. Dengan alasan apapun, marah bukan solusi yang tepat.

Kalaupun si kecil melakukan kesalahan, marah bukan cara yang tepat untuk membuat ia tahu bahwa ia melakukan kesalahan. Seharusnya ibu memberikan pemahaman bahwa apa yang dilakukan adalah salah.

Memarahi justru membuat anak semakin berontak. Awalnya ia mungkin akan menangis ketika ibu memarahinya. Namun, saat ia dewasa nanti, ia akan menjadi pemberontak. Ia akan meniru ibu dengan menaikkan nada bicara saat ibu mencoba menasehatinya.

Agar anak ibu tahu mana yang benar dan mana yang salah, ibu hanya perlu menasehatinya, bukan memarahinya. Cari momen yang tepat untuk memberitahu sang buah hati bawasannya yang ia lakukan itu salah.

Memaksanya untuk Belajar
Orang tua mana pun pasti ingin anaknya cerdas. Dan cara membuatnya cerdas adalah membiasakan belajar sejak dini.

Sayangnya banyak orang tua yang gagal membuat anaknya mau belajar. Apalagi ketika masih balita, ia lebih suka bermain daripada belajar.

Memang balita adalah masa untuk bermain. Tapi bukan berarti tidak ada waktu untuk belajar. Ada juga lho cara agar balita bermain sekaligus belajar. Nah hal ini yang perlu ibu ketahui.

Memaksa anak untuk belajar bukan cara yang tepat. Jika ibu memaksa, saat dewasa nanti justru anak akan merasa belajar adalah hal yang sangat berat dan tidak menyenangkan. Bukankah lebih baik jika ibu mencarikan cara belajar sekaligus bermain. Learning with fun merupakan konsep yang bagus untuk tumbuh kembang balita.

Dan yang paling penting lagi, ibu juga harus menjadi role model yang bagus untuk anak. Jika ibu ingin anak suka membaca, maka biarkan anak ibu sering melihat ibu membaca. Pasti si kecil akan tertarik membaca.

Semoga ada inspirasi yang bisa ibu petik.


No comments:

Post a Comment